TIPS MEMILIH JURUSAN AGAR GA PUTUS TENGAH JALAN!!

Hai guys, kali ini mau berbagi tips memilih jurusan terutama untuk calon mahasiswa baru a.k.a adik-adik yang baru lulus SMA/SMK. Nah banyak hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum kamu memilih kampus dan jurusan kuliah. Tips berikut ini bisa jadi referensi kamu supaya kamu ga salah jurusan, karena kalo salah jurusan bisa bikin kuliah putus tengah jalan dan bahkan bisa bikin kamu bunuh diri! Ngeri yaaa makanya kita sebisa mungkin agar ga salah jurusan dan memilih kampus. Tips berikut ini berdasarkan pengalaman pribadi dan some research, yukss cekk tips manjahh nyahh:

1. Cari bidang yang kamu minati!
Ini penting banget deh, biar pas kuliah kamu ga terlalu terbebani makanya cari tau dibidang apa yang kamu suka dan cari jurusan yang mendekati sama hobi kamu itu misalnya kamu hobi gambar nih nah jurusan yang mendekati bisa desain grafis, animasi dan lain-lain kamu harus cari tau itu deh. Beban sih pasti ada ya, mau kuliah kesukaan kamu beban itu pasti ada. Ga ada satu jurusan pun yang ga dapat tugas dari dosennya. Tapi yakin deh kamu pasti bisa melewati itu semuaa ;)

2. Cari kampus terbaik!
Setelah kamu tau jurusan apa yang kamu minati, cari tau jurusan yang kamu minati itu ada di kampus mana aja dan cari tau juga akreditasi jurusan tersebut di kampus yang kamu pengen. Percuma juga kalo kampus kamu bagus, tapi ternyata jurusan yang kamu pilih akreditasinya ga bagus minimal akreditasi kampus nya B deh. Akreditasi adalah suatu pengakuan atau semacam sertifikasi untuk suatu lembaga pendidikan, penting banget untuk ngelamar kerja so jangan males buat cari tau yaa akreditasi jurusan yang bakal kamu pilih ya.

3. Cari tau biaya masuk dan semester.
Ini superrr penting sekali dan berpengaruh terhadap kelangsungan kuliah kamu kecuali kamu anak orang tajir melintirrr hehehe. Sebelum daftar ke kampus tersebut cari tau biaya masuk dan per-semester yang harus dikeluarkan, kamu bisa tanya temen kamu yang kuliah di kampus itu atau ga biar lebih jelas tanya sama orang keuangan di kampus itu yaa. Karena biasanya beda jurusan beda biaya yang harus dibayarkan so jangan malas cari tau daripada nanti menyesal. Setelah cari tau biayanya ada baiknya kamu diskusikan dengan orang tua kamu yaa siapa tau nemu solusinya. 

4. Coba baca sekilas silabus jurusan yang mau kamu pilih.
Hal diatas belom cukup untuk membuat kamu tepat memilih jurusan, kamu harus kudu mesti cari tau tentang apa aja yang bakal dipelajari nanti semacam silabus jurusan tersebut karena ini juga berhubungan dengan jurusan kamu waktu di SLTA semisalnya melenceng dari jurusan saat kamu SMA/SMK berarti kamu harus berusaha lebih keras buat belajar karena kamu bakal banyak nemu pelajaran yang mungkin belom kamu temui pas SMA/SMK so penting banget rasanya kamu cari tau soal ini bisa dengan cara tanya kakak kelas kamu yang udah ngambil jurusan kuliah tersebut atau browsing. Jangan malu bertanya yaa! 


Nah hal-hal di atas sangat penting buat kamu yang mau masuk kuliah agar kamu ga salah jurusan. Salah jurusan bukan juga berarti akhir dari segalanya tapi sangat berpengaruh banget dihidup kamu loh jadi usahain supaya ga salah jurusan apalagi cuma karena ada pacar, gebetan, idola, sodara atau sahabat kamu dijurusan itu. Punya relasi itu penting banget sih pas kuliah, tapi bukan berarti kamu ga bisa cari temen di kampus baru kan? Bisa jadi kamu nemu jodoh di jurusan kamu! Take your own step!

Comments

Popular posts from this blog

ARTI GELAR ATAU ISTILAH DI GAMES MOBILE PUBG

KEHAMILAN DIVONIS JANIN TIDAK BERKEMBANG (HAMIL KOSONG)

PENGALAMAN KURET HAMIL KOSONGKU