KEHAMILAN DIVONIS JANIN TIDAK BERKEMBANG (HAMIL KOSONG)

Setiap pasangan menikah pasti menginginkan keturunan ditambah aku udah setahun lebih menikah dan belom juga hamil maaf kalo aku ceritanya kepanjangan. Aku mau cerita ini detail siapa tau ada yang butuh infromasinya, karena jujur baru hamil pertama banyak ga tau dan butuh banget informasi  dari yang pengalaman tapi ingat kehamilan seseorang itu beda-beda pengalamannya. Ini pengalaman aku yang divonis janin tidak berkembang atau hamil kosong atau Blighted Ovum (BO). Aku umurnya 23 tahun dan suami aku 25 tahun kami belum melakukan promil ke dokter. Bulan Maret 2019 aku telat mens nih, sejak menikah ga tau kenapa mens aku kadang gak teratur bisa telat seminggu bahkan pernah telat 14 hari dimana waktu belum nikah ga pernah terjadi. Sehingga pas Bulan Maret baru telat 8 hari dan aku gak enak badan mual gitu cuma ga curiga juga karena temen aku juga pada demam jadi kayak musim demam. Aku masih santai, oh ya aku sangat teliti dalam tracking menstruasi aku karena pake aplikasi yang bisa melacak kapan seharusnya aku datang bulan, dan selalu catat tanggal mens aku. Si suami desak aku buat testpack dimana saat itu kami lagi Long Distance Marriage beda pulau. Karena suami udah maksa-maksa aku pun tes, denger-denger air kencing subuh yang paling bagus tetapi karena suami ga sabar lagi buat nunggu subuh jadi cek nya malam itu juga. Hasilnya garis 2 dah sangat jelas banget.
Gambar: Testpack Cek Tanggal 2 April 2019
Langsung kabarin suami lah, dia seneng banget. Cuma masih ragu-ragu kalo belom ke dokter. Tanggal 4 April aku kedokter USG sebelumnya aku download aplikasi tentang kehamilan terhitung kehamilan aku masuk 5 week BB aku 50kg (kondisi abis makan tapi ngantri 2jam). HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) aku 22 Februari. Udah USG ternyata belum kelihatan apa-apa :( sedih banget, dokter yang aku pergiin ini ga komunikatif dia cuma ngasi tau tidak ada tanda-tanda kehamilan 2 minggu lagi periksa untuk memastikannya. Pulang dengan hati sedih ya ga dijelasin apa-apa sama dokternya, teryata setelah aku tanya-tanya orang cari tau sendiri usia segitu emang belum kelihatan di USG kecuali USG transvaginal. 

Lalu tanggal 30 April, aku USG kedua BB aku 51,5kg (kondisi lapar). Di aplikasi usia aku seharusnya udah 9w4d, pas liat di layar udah seneng dong ada kantung nya dan janin kecilnya. Tapi ternyataaa, dokter bilang gak ada detak jantungnya padahal usia segini harusnya udah ada detak jantung. Dokter kasi waktu lagi 2 minggu kemudian di USG lagi untuk memastikannya. 
Gambar: Hasil USG kedua
Sambil nunggu 2 minggu, aku cari informasi soal ini ada juga kasus yang mirip tapi dia 2 minggu kemudian udah ada detak jantung janinnya. Serasa masih ada harapan ditambah aku ga ada tanda-tanda keguguran kayak flek ataupun keram dan masih ciri-ciri hamil kayak mual, pusing dll. 
Gambar: Screenshoot dari forum
Masih penasaran dan kepikiran banget akhirnya aku ke bidan lagi 2 Mei. Kata bidan kehamilan masih kecil jadi alat doppler bidan belom bisa deteksi DJJ (Detak Jantung Janin) jadi paling nimbang BB, timbangan aku jadi 52 kg (kondisi abis makan). Aku ceritain soal kecurigaan dokter soal janin tidak berkembang. Dia bilang ga usah buru-buru tunggu aja nanti 2 minggu lagi hasilnya, itu bisa aja terjadi kata dia. Sedikit tenang habis dari bidan tapi tetap ajaa belum puas dan masih penasaran. 

Aku coba-coba chat Alodokter ceritain kasus aku yg belum kedenger DJJ, intinya dokternya bilang tenang dulu biasanya disebabkan salah perhitungan usia kehamilan jadi dia bilang ikutin aja instruksi dokter untuk 2 minggu lagi periksa. Karena hasil USG kedua aku ukuran janin aku 0,68 cm itu usia janin 6w4d selisih 3 minggu dari perhitungan HPHT. Aku berusaha tenang aja dan berharap masih ada harapan.
Gambar: Sceenshot chat Alodokter 1

Gambar: Screenshot chat Alodokter 2
Sampai akhirnya 14 Mei hari yang dijadwalkan tiba selama ini aku masih ngerasa kayak hamil biasa ya mual-mual ga ada flek dan keram yang berlebihan BB aku 51,5kg (kondisi lapar). Semuanya kayak biasa normal ajaa dan USG ketiga ini dapat dokter yang berbeda, karena di RS tempat aku periksa ada 2 dokter spesialis kandungan. Kali ini aku dapat dokter yang berbeda, karena ada catatan dokter aku pun di USG dan hasilnyaaaaa janin aku gak ada perubahan bahkan di layar aku liat lebih kecil dari kemarin kayak udah mulai mau hancur dia :( ya Allah rasanyaaa sedih. Terus dokter bilang iya ini gak ada DJJ dan dokter periksa lagi pake transvaginal dan memang bener gak ada DJJ kehamilan BO. Dokter bilang harus dikuret supaya gak bermasalah kedepannya walaupun sebenarnya dia bisa keguguran secara alami tapi takutnya kurang bersih sebaiknya saat sekarang masih kondisi fit dikuret. Nanya dong penyebabnya apa dok? dokter cuma jawab karena janin tidak berkembang bukan karena kecapekan, stress, puasa (aku sempat puasa ramadan 6 hari ) dll.

Kesimpulannya kalian boleh banget second opinion kalo kalian belum yakin, aku pribadi udah ngerasa yakin karena di layar USG nya jelas :( janin ku tidak berbentuk padahal sudah 12 minggu. Udah lumayan curiga juga karena timbangan BB gak naik masih 51,5kg walaupun ibu hamil minimal naiknya 10kg selama kehamilan. Rasanya hancur banget hati pengen kaga keluar kamar supaya gak ada yang nanya-nanya. Ketemu sodara ajaa ya becanda sih dia bilang aku hamil bohongan :( tetep dihati rasanyaaa sedih. Dukungan suami yang terpenting yaa jangan dibecandain aneh-aneh dah bininya! Kalo kalian ada pengalaman BO atau informasi lainnya komen yaa guys. . Kita saling berbagiii...

Aku disarankan sama suami juga suruh kuret padahal aku takut banget :( kayak gimana rasa kuret? prosesnya baca disini? Persiapannya baca disini?

Comments

Popular posts from this blog

ARTI GELAR ATAU ISTILAH DI GAMES MOBILE PUBG

PENGALAMAN KURET HAMIL KOSONGKU